Senin, 21 Desember 2015

0 Apa itu Inquiry?

Apa itu Inquiry?


Metode Inquiry tentunya tidak asing di telinga kita, apakah kita sudah paham apa yang dimaksud inquiry?.  Bagaimana mendesain metode pembelajaran inquiry?
Metode inquiry adalah metode yang melibatkan peserta didik dalam proses pengumpulan data dan pengujian hipotesis. Guru membimbing peserta didik untuk menemukan pengertian baru, praktek keterampilan, dan memperoleh pengetahuan berdasarkan pengalaman belajar mereka sendiri. Dalam metode inquiry, peserta didik belajar secara aktif dan kreatif untuk mencari pengetahuan.

Langkah inquiry mengacu pada model berpikir reflektif dari John Dewey’s (1990). Tahap-tahap inquiry yang dilakukan peserta didik meliputi: (1) mengidentifikasi masalah; (b) merumuskan hipotesis; (c) mengumpulkan data; (d) menganalisis dan menginterpretasikan data untuk menguji hipotesis; ( e) menarik kesimpulan. Langkah-langkah pembelajaran inquiry yang dilakukan guru yaitu:
1) Menjelaskan tujuan pembelajaran
2) Membagi petunjuk inquiry atau petunjuk praktikum
3) Menugaskan peserta didik untuk melaksanakan inqury
4) Memantau pelaksaan inquiry
5) Menyimpulkan hasil inquiry bersama-sama

Contoh materi pelajaran yang bisa dilakukan dengan metode inquiry misalnya:
1) Perubahan wujud benda pada benda-benda di sekitar rumah misalnya: lilin dipanaskan, es dicairkan, air dipanaskan, semen dicairkan, dsb. Peserta didik disuruh mengamati perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut
2) Gaya dan Gerak (IPA) melalui pengamatan pada alat mainan anak seperti ketapel, panah-panahan, mobil-mobilan, layang-layang, plastisin, dll. Peserta didik disuruh membedakan gaya tarikan, dorongan dan gaya yang merubah gerak.
3) Zat Cair, mengamati zat cair (air, minyak wangi, minyak goreng, oli, solar, sabun cair, dsb). Kegiatan belajar yang bisa dilakukan antara lain: menghitung massa jenis zat cair, membandingkan kekentalan zat cair, menguji hukum Archimedes, membandingkan gejala kapileritas dari berbagai zat cair, dsb.

Sumber Pustaka:
Mulyatiningsih, Endang. 2010. Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM).  Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Memahami Model-Model Pembelajaran yang Inovatif Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates