Senin, 21 Desember 2015

0 PAIKEM GEMBROT

PAIKEM GEMBROT

Apa itu PAIKEM GEMBROT?
§  PAIKEM GEMBROT adalah singkatan dari pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot..

§  AKTIF dimaksudkan dalam proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan
§  INOVATIF dimaksudkan agar guru selalu mengemas kegiatan belajar yang heterogen sehingga memiliki nilai tambah dalam memberikan pelayanan pembelajaran kepada siswa,
§  KREATIF dimaksudkan agar guru mampu menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi dan mampu memberikan pelayan pada berbagai tingkat kemampuan siswa
§  EFEKTIF dimaksudkan agar guru mampu memanfaatkan waktu untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pembelajaran menghasilkan pengalaman baru yang cenderung permanen.
§  MENYENANGKAN dimaksudkan agar guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatian secara penuh
§  GEMBIRA dimaksudkan agar guru menciptakan suasana belajar yang fun sehingga siswa mampu belajar dengan enjoy pada gilirannya siswa mampu menyerap pelajaran
§  BERBOBOT dimaksudkan agar guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa memiliki mutu yang baik sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
 Identifikasi PAIKEM GEMBROT
-          Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
-          Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
-          Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku, dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan “sudut baca”.
-          Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok.
-          Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam memecahkan suatu masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolahnya

MENGAPA PAIKEM GEMBROT?
ASUMSI DASAR BELAJAR
-          Belajar          = Proses individual
-          Belajar          = Proses sosial
-          Belajar          = Menyenangkan
-          Belajar          = Tak pernah berhenti
-          Belajar          = Membangun makna
PERUBAHAN PARADIGMA
-          Mengajar – Pembelajaran   ( Teaching- Learning )
-          Penilaian – Perbaikan terus menerus (Testing- Continuous Improvement)
-          Perkembangan IPTEK, POLITIK, SOSBUD semakin lama semakin cepat
-          Teknologi informasi / sumber belajar sangat beragam
-          Bekal memenuhi kebutuhan manusia modern- mandiri, bekerjasama, berpikir kritis, memecahkan masalah
-          Persaingan internasional (globalisasi)
 Contoh-contoh KBM dalam PAIKEM GEMBROT

§   Guru merancang dan mengelola KBM yang mendorong siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran.
o   Pelaksanaan KBM : percobaan, Diskusi kelompok, memecahkan masalah, mencari
o   informasi, menulis laporan, puisi, cerita, berkunjung ke luar kelas

§  Guru menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam
o   Pelaksanaan KBM : Guru menggunakan  alat yang tersedia atau yang dibuat sendiri,  
o   menggunakan gambar, Studi kasus, Nara sumber, Lingkungan.

§  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan.
o   Pelaksanaan KBM : siswa melakukan percobaan, pengamatan, wawancara,
o   mengumpulkan data dan mengolahnya sendiri, menarik kesimpulan, mencari rumus
o   sendiri, menulis laporan dengan kata-kata sendiri.

§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya sendiri secara lisan atau tulisan.
o   Pelaksanaan KBM : siswa  berdiskusi, lebih banyak pertanyaan terbuka

§  Guru menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan kemampuan siswa
o   Pelaksanaan KBM : Siswa dikelompokan sesuai kemampuan (untuk kegiatan tertentu .
o   Bahan pelajaran disesuaikan dengan kemampuan kelompok tersebut. Tugas perbaikan
o   atau pengayaan diberikan

§  Guru mengaitkan KBM dengan pengalaman siswa sehari-hari
o   Pelaksanaan KBM : Siswa menceritakan atau memanfaatkan pengalaman sendiri. Siswa
o   menerapkan hal-hal yang dipelajari dalam kegiatan sehari-hari.

§  Menilai KBM dan kemajuan belajar siswa secara terus menerus
o   Pelaksanaan KBM : Guru memantau pekerjaan siswa. Guru memberikan umpan balik
 APA YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MELAKSANAKAN PAKEM
-          Memahami sifat yang dimiliki anak (rasa ingin tahu, berimajinasi)
-          Mengenal anak secara perorangan (still)
-          Memanfaatkan prilaku anak dalam pengorganisasian belajar (berkelompok dalam bermain)
-          Mengembangkan berfikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah
-          Menciptakan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik (pajangan kelas)
-          Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar (melatih kemampuan seluruh indera : mengamati, mencatat, merumuskan pertanyaan, berhipotesis, mengklasifikasikan, membuat tulisan, menggambar)
-          Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar (penguatan)

-          Membedakan antara aktif fisik dengan aktif mental (sering bertanya, mempertanyakan, mengungkapkan gagasan , tidak takut bertanya)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Memahami Model-Model Pembelajaran yang Inovatif Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates