PAIKEM
GEMBROT
Apa itu PAIKEM GEMBROT?
§ PAIKEM GEMBROT
adalah singkatan dari pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif,
Menyenangkan, Gembira dan Berbobot..
§ AKTIF
dimaksudkan dalam proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana
sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan
gagasan
§ INOVATIF
dimaksudkan agar guru selalu mengemas kegiatan belajar yang heterogen sehingga
memiliki nilai tambah dalam memberikan pelayanan pembelajaran kepada siswa,
§ KREATIF
dimaksudkan agar guru mampu menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga
memenuhi dan mampu memberikan pelayan pada berbagai tingkat kemampuan siswa
§ EFEKTIF
dimaksudkan agar guru mampu memanfaatkan waktu untuk mencapai tujuan yang
diharapkan. Pembelajaran menghasilkan pengalaman baru yang cenderung permanen.
§ MENYENANGKAN dimaksudkan
agar guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa
memusatkan perhatian secara penuh
§ GEMBIRA
dimaksudkan agar guru menciptakan suasana belajar yang fun sehingga siswa mampu
belajar dengan enjoy pada gilirannya siswa mampu menyerap pelajaran
§ BERBOBOT dimaksudkan
agar guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa memiliki mutu yang baik
sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
Identifikasi PAIKEM GEMBROT
-
Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan
kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
-
Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan
semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk
menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
-
Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku, dan bahan belajar yang lebih
menarik dan menyediakan “sudut baca”.
-
Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk
cara belajar kelompok.
-
Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam memecahkan suatu
masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan
lingkungan sekolahnya
MENGAPA PAIKEM GEMBROT?
ASUMSI
DASAR BELAJAR
-
Belajar = Proses individual
-
Belajar = Proses sosial
-
Belajar = Menyenangkan
-
Belajar = Tak pernah
berhenti
-
Belajar = Membangun makna
PERUBAHAN PARADIGMA
-
Mengajar – Pembelajaran ( Teaching- Learning )
-
Penilaian – Perbaikan terus menerus (Testing- Continuous Improvement)
-
Perkembangan IPTEK, POLITIK, SOSBUD semakin lama semakin cepat
-
Teknologi informasi / sumber belajar sangat beragam
-
Bekal memenuhi kebutuhan manusia modern- mandiri, bekerjasama, berpikir kritis,
memecahkan masalah
-
Persaingan internasional (globalisasi)
Contoh-contoh
KBM dalam PAIKEM GEMBROT
§ Guru merancang dan mengelola KBM yang mendorong
siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran.
o
Pelaksanaan KBM : percobaan, Diskusi
kelompok, memecahkan masalah, mencari
o
informasi, menulis laporan, puisi,
cerita, berkunjung ke luar kelas
§ Guru
menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam
o
Pelaksanaan KBM : Guru menggunakan
alat yang tersedia atau yang dibuat sendiri,
o
menggunakan gambar, Studi kasus, Nara
sumber, Lingkungan.
§ Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan.
o
Pelaksanaan KBM : siswa melakukan
percobaan, pengamatan, wawancara,
o
mengumpulkan data dan mengolahnya
sendiri, menarik kesimpulan, mencari rumus
o
sendiri, menulis laporan dengan kata-kata
sendiri.
§ Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya sendiri secara
lisan atau tulisan.
o
Pelaksanaan KBM : siswa
berdiskusi, lebih banyak pertanyaan terbuka
§ Guru
menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan kemampuan siswa
o
Pelaksanaan KBM : Siswa dikelompokan
sesuai kemampuan (untuk kegiatan tertentu .
o
Bahan pelajaran disesuaikan dengan
kemampuan kelompok tersebut. Tugas perbaikan
o
atau pengayaan diberikan
§ Guru
mengaitkan KBM dengan pengalaman siswa sehari-hari
o
Pelaksanaan KBM : Siswa menceritakan
atau memanfaatkan pengalaman sendiri. Siswa
o
menerapkan hal-hal yang dipelajari dalam
kegiatan sehari-hari.
§ Menilai
KBM dan kemajuan belajar siswa secara terus menerus
o
Pelaksanaan KBM : Guru memantau
pekerjaan siswa. Guru memberikan umpan balik
APA
YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MELAKSANAKAN PAKEM
-
Memahami sifat yang dimiliki anak (rasa ingin tahu, berimajinasi)
-
Mengenal anak secara perorangan (still)
-
Memanfaatkan prilaku anak dalam pengorganisasian belajar (berkelompok dalam
bermain)
-
Mengembangkan berfikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah
-
Menciptakan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik (pajangan kelas)
-
Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar (melatih kemampuan seluruh
indera : mengamati, mencatat, merumuskan pertanyaan, berhipotesis,
mengklasifikasikan, membuat tulisan, menggambar)
-
Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar (penguatan)
-
Membedakan antara aktif fisik dengan aktif mental (sering bertanya,
mempertanyakan, mengungkapkan gagasan , tidak takut bertanya)
0 komentar:
Posting Komentar