PAIKEM
GEMBROT
Apa itu PAIKEM GEMBROT?
§  PAIKEM GEMBROT
adalah singkatan dari pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif,
Menyenangkan, Gembira dan Berbobot..
§  AKTIF
dimaksudkan dalam proses pembelajaran guru harus mampu menciptakan suasana
sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan
gagasan
§  INOVATIF
dimaksudkan agar guru selalu mengemas kegiatan belajar yang heterogen sehingga
memiliki nilai tambah dalam memberikan pelayanan pembelajaran kepada siswa,
§  KREATIF
dimaksudkan agar guru mampu menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga
memenuhi dan mampu memberikan pelayan pada berbagai tingkat kemampuan siswa
§  EFEKTIF
dimaksudkan agar guru mampu memanfaatkan waktu untuk mencapai tujuan yang
diharapkan. Pembelajaran menghasilkan pengalaman baru yang cenderung permanen.
§  MENYENANGKAN dimaksudkan
agar guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa
memusatkan perhatian secara penuh
§  GEMBIRA
dimaksudkan agar guru menciptakan suasana belajar yang fun sehingga siswa mampu
belajar dengan enjoy pada gilirannya siswa mampu menyerap pelajaran
§  BERBOBOT dimaksudkan
agar guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa memiliki mutu yang baik
sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
 Identifikasi PAIKEM GEMBROT
-         
Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan
kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.
-         
Guru menggunakan berbagai alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan
semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk
menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
-         
Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku, dan bahan belajar yang lebih
menarik dan menyediakan “sudut baca”.
-         
Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk
cara belajar kelompok.
-         
Guru mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam memecahkan suatu
masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan
lingkungan sekolahnya
MENGAPA PAIKEM GEMBROT?
ASUMSI
DASAR BELAJAR
-         
Belajar          = Proses individual
-         
Belajar          = Proses sosial
-         
Belajar          = Menyenangkan
-         
Belajar          = Tak pernah
berhenti
-         
Belajar          = Membangun makna
PERUBAHAN PARADIGMA
-         
Mengajar – Pembelajaran   ( Teaching- Learning )
-         
Penilaian – Perbaikan terus menerus (Testing- Continuous Improvement)
-         
Perkembangan IPTEK, POLITIK, SOSBUD semakin lama semakin cepat
-         
Teknologi informasi / sumber belajar sangat beragam
-         
Bekal memenuhi kebutuhan manusia modern- mandiri, bekerjasama, berpikir kritis,
memecahkan masalah
-         
Persaingan internasional (globalisasi)
 Contoh-contoh
KBM dalam PAIKEM GEMBROT
§   Guru merancang dan mengelola KBM yang mendorong
siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran.
o  
Pelaksanaan KBM : percobaan, Diskusi
kelompok, memecahkan masalah, mencari
o  
informasi, menulis laporan, puisi,
cerita, berkunjung ke luar kelas
§  Guru
menggunakan alat bantu dan sumber belajar yang beragam
o  
Pelaksanaan KBM : Guru menggunakan 
alat yang tersedia atau yang dibuat sendiri,  
o  
menggunakan gambar, Studi kasus, Nara
sumber, Lingkungan.
§  Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan.
o  
Pelaksanaan KBM : siswa melakukan
percobaan, pengamatan, wawancara,
o  
mengumpulkan data dan mengolahnya
sendiri, menarik kesimpulan, mencari rumus
o  
sendiri, menulis laporan dengan kata-kata
sendiri.
§  Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasannya sendiri secara
lisan atau tulisan.
o  
Pelaksanaan KBM : siswa 
berdiskusi, lebih banyak pertanyaan terbuka
§  Guru
menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan kemampuan siswa
o  
Pelaksanaan KBM : Siswa dikelompokan
sesuai kemampuan (untuk kegiatan tertentu .
o  
Bahan pelajaran disesuaikan dengan
kemampuan kelompok tersebut. Tugas perbaikan
o  
atau pengayaan diberikan
§  Guru
mengaitkan KBM dengan pengalaman siswa sehari-hari
o  
Pelaksanaan KBM : Siswa menceritakan
atau memanfaatkan pengalaman sendiri. Siswa
o  
menerapkan hal-hal yang dipelajari dalam
kegiatan sehari-hari.
§  Menilai
KBM dan kemajuan belajar siswa secara terus menerus
o  
Pelaksanaan KBM : Guru memantau
pekerjaan siswa. Guru memberikan umpan balik
 APA
YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MELAKSANAKAN PAKEM
-         
Memahami sifat yang dimiliki anak (rasa ingin tahu, berimajinasi)
-         
Mengenal anak secara perorangan (still)
-         
Memanfaatkan prilaku anak dalam pengorganisasian belajar (berkelompok dalam
bermain)
-         
Mengembangkan berfikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah
-         
Menciptakan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik (pajangan kelas)
-         
Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar (melatih kemampuan seluruh
indera : mengamati, mencatat, merumuskan pertanyaan, berhipotesis,
mengklasifikasikan, membuat tulisan, menggambar)
-         
Memberikan umpan balik yang baik untuk meningkatkan kegiatan belajar (penguatan)
-         
Membedakan antara aktif fisik dengan aktif mental (sering bertanya,
mempertanyakan, mengungkapkan gagasan , tidak takut bertanya)

0 komentar:
Posting Komentar